Bukan tentang berapa harganya tetapi seberapa usahanya

Bukan Tentang berapa harganya tetapi seberapa usahanya
Bapak Anwar Pengrajin Sapu Ijuk dari Benteng Palioi, menjual dari sejak harga Rp.100 sampai Rp.15.000/ batang, mulai dari tahun 1960-an sampai sekarang

Jangan takut berjalan lambat, takutlah jika hanya berdiri diam"
Mungkin kata motivasi di atas adalah yang paling tepat untuk menggambarkan bapak Anwar dalam memilih prinsip hidup untuk dilaluinya.


Sebab kehidupan yang baik menurutnya adalah tentang suatu proses, bukan tentang suatu keadaan yang ada dengan sendirinya, kehidupan adalah arah, bukan tujuan. Justeru Tujuan Hidup menurutnya adalah bagaimana mengenal diri dan sang pencipta.
  

Inspirasi dan motivasi tidak harus datang dari dari golongan orang-orang yang sudah menuai banyak pencapaian dan kesuksesan disegala bidang, akan tetapi motivasi justeru terkadang juga lahir dari orang-orang yang ada disekitar kita, namun karena kurangnya bersosialaisasi dan tidak adanya kepekaan dalam melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda sehingga kesempatan terlewatkan begitu saja.


Seperti bapak Anwar ini, ia memulai profesinya membuat dan menjual sapu ijuk mulai dari tahun 1960-an dimana harga pada saat itu masih sertus rupiah perbatangnya.


Kurang lebih 60 tahun sampai saat ini bapak Anwar masih setia dengan usaha yang dijalaninya, bahkan masih bisa menempuh perjalanan sejauh beberapa kilo meter dengan bejalan kaki sembari memikul dagangannya dari rumah kerumah, dari rumah ke pasar. Padahal ia sudah berada diusia senja.

Sekarang sudah tahun 2020 harga perbatangnya sudah mencapai lima belas ribuh rupiah. Bahan bakunya masih dari bahan bambu, tali rotan dan ijuk.

Dari segi penampilan mungkin sapu buatan pak anwar ini terkesan biasa-biasa saja bila dibandingkan dengan sapu ijuk dari toko. Tetapi bagi sebahagian pembeli lebih memilih buatan pak anwar karena diyakini lebih awet, tampil klasik dan punya nilai estetika yang tinggi.
Bukan Tentang berapa harganya tetapi seberapa usahanya
Acca adalah seorang pencinta barang-barang klasik termasuk sapu ijuk buatan pak Anwar


Bagi anda yang masih memiliki sapu sejenis yang dijual bapak anwar ini, admin ucapkan selamat. Karena anda anda adalah orang yang punya nilai seni dan cinta produk lokal tentunya. 

Dari admin salam inspiratif...!









2 Responses to "Bukan tentang berapa harganya tetapi seberapa usahanya"

  1. Sangaat Menginspirasi 👍👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Inspirasi juga buat Anita. Admin mengucapkan terima kasih telah berkunjung dan menitipkan komentar untuk tulisan ini. Satu komentar dari pembaca buat admin adalah seribu semangat.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel