14 Tempat Yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Bangkeng Buki

Perspektif  Gunung Bangkeng Buki dari kaki bukit

Gunung Bangkeng Buki adalah Gunung Tunggal yang berdiri kokoh yang menjadi ikon Desa Bukit Harapan salah satu desa di kecamatan Gantarang kabupaten Bulukumba. Apabila dipandang dari jarak jauh, maka akan tampak seperti piramida yang berwarna hijau, akan tetapi sangat berbeda saat memandangnya dari kaki bukit.

Selain menjadi ikon, Bukit ini juga sekaligus perisai di dua desa yang membatasi Bukit Harapan dengan Bukit Tinggi dan bukit harapan dengan Desa Bontonyeleng.

Dengan melihat kemudahan akses menuju puncak, maka Bukit harpan adalah jalur paling strategis untuk ditempuh sebagai pilihan dalam pendakian.

Setidaknya ada dua jalur pendakian yang dilalui saat mendaki, pertama dari jalur Lilibulang dan yang kedua dari jalur Batu Labbua.

Jalur lilibulang adalah jalur pendakian cepat biasanya ditempuh oleh para petani lokal untuk kepentingan perkebunan, dan jalur ini berhubungan langsung dengan puncak Pattiroang. Bagi yang memilih jalur ini siap-siap menghadapi juran yang terjal dan pendakian yang tinggi. Waktu yang biasa orang gunakan sekitar kurang lebih satu jam.

Sementara Jalur pendakian Batu Labbua adalah jalur lambat dimana akses ini menjadi pilihan para pendaki yang ingin bersuaphoto dan juga tamansya tentunya. Karena jalur ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dari ketinggian. Waktu yang biasa digunakan orang bisa mencapai kurang lebih 3 jam.

Namun bagi anda yang tertarik mendaki Gunung Bangkeng Buki setidaknya ada 14 titik tempat yang wajib diketahui demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti apa yang dikatakan oleh bapak H. Sardin saat ditemui oleh Admin di kediamannya di Dusun Tanjongnge desa Bukit Harapan, sabtu, 11 april 2020.



14 Tempat Yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Bangkeng Buki
H. Sardin ( lahir tahun 1942 ) warga Bangkeng Buki

14 titik menurutnya adalah;
(1). Pattiroan, (2). Barugayya, (3). takkua, (4). pattannungan, (5). batulabbua, (6). tusongko, (7). paccengkekang, (8). batu donro, (9). buhung lompoa, (10). buhung liang, (11). buhung tegele, (12). buhung botto, (13). buhung lali dan (14) tanjongnge.Untuk Menjangkau beberapa titik tadi maka tempulah jalur batu labbua. 

Ditambahkannya lagi bahwa ke14 titik ini masing masing ada dalam cerita rakyat yang tersebar disekitar kaki Bukit, termasuk, Desa Bontonyeleng, Bukit Tinggi dan Bukit Harapan.


jauh melangkah banyak dilihat,  banyak dilihat banyak pengalaman"

Bagi anda yang peasaran ingin kesana silahkan menunggu  episode covid-19 berakhir tamat. Agar perjalanan anda menyenangkan.



0 Response to "14 Tempat Yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Bangkeng Buki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel