Contoh Format Studi Kelayakan Pengadaan Smart TV untuk Madrasah/Sekolah

 
ilustrasi guru MTs Al-Abrar Panggala

STUDI KELAYAKAN PENGADAAN SMART TV

 

 

Nama Madrasah                                                      : MTs. Al-Abrar

Alamat Madrasah                                                    : Panggala

Nama Organisasi                                                     : Yayasan Al-Abrar

Alamat Organisasi                                                  : Panggala

Akte Notaris                                                            : C-197.ht.03.01.Th.1999

Pengesahan Akte Notaris                                        : 18 Januari 1999

 

A.     Latar Belakang dan Tujuan Pengadaan Smart TV

Dalam rangka menghadapi era  pembelajaran berbasis digital dan internet, serta dukungan teknologi AI yang populer saat ini, maka pendidikan di madrasah pun diharapkan mampu mengikuti perkembangan zaman tanpa mengurangi esensi pendidikan intelektual dan akhlaqul karimah (karakter).

 Menanggapi permintaan para guru dan siswa, serta orang tua siswa yang memperhatikan kecendrungan peserta didik lebih menyukai pembelajaran berbasis digital dalam hal ini yang divisualisasikan (video animasi, kontent pembelajaran berdurasi pendek).

 Berdasarkan jurnal penelitian dan wawancara Guru Champion Alef Education dalam hal ini Wahyuningsih menyimpulkan bahwa tingkat kefokusan siswa dalam menerima pembelajaran hanya berada pada angka 4-7 menit. Oleh karena itu untuk menambah durasi fokus belajar siswa serta pembelajaran yang asyik dan menyenangkan maka Smart TV adalah media yang wajib diadakan di MTs Al-Abrar Panggala. Adapun tujuannya adalah sebagai berikut:

Pengayaan Pembelajaran: Smart TV memungkinkan penggunaan berbagai sumber daya pembelajaran, seperti video pembelajaran, aplikasi pendidikan, dan presentasi interaktif, yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep dengan lebih baik.

Akses ke Konten Pendidikan: Dengan Smart TV, madrasah dapat mengakses berbagai konten pendidikan dari internet, termasuk video pembelajaran, e-book, dan sumber daya digital lainnya yang dapat mendukung kurikulum.

Kolaborasi dan Komunikasi: Smart TV memfasilitasi kolaborasi antara guru dan siswa. Misalnya, melalui fitur-fitur seperti video konferensi, guru dapat mengundang ahli tamu untuk memberikan presentasi kepada siswa atau untuk berdiskusi tentang topik tertentu.

Pembelajaran Berbasis Teknologi: Memperkenalkan teknologi seperti Smart TV dapat membantu siswa menjadi lebih terampil dalam menggunakan teknologi, yang merupakan keterampilan penting dalam era digital saat ini.

Meningkatkan Keterlibatan Siswa: Penggunaan teknologi yang menarik seperti Smart TV dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, karena menyajikan materi secara visual dan interaktif.

Fleksibilitas dan Efisiensi: Smart TV memungkinkan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih fleksibel dan efisien. Mereka dapat dengan mudah menyajikan berbagai jenis konten, mengedit materi secara langsung, dan menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.

Mengikuti Perkembangan Teknologi: Mengadopsi teknologi seperti Smart TV membantu madrasah tetap relevan dan mengikuti perkembangan zaman dalam pendidikan. Ini juga mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk masa depan yang semakin terhubung secara teknologi.

 B.      Dukungan Sumber Daya Guru

Guru MTs Al- Abrar Panggala telah banyak mengikuti pelatihan multimedia yang diselenggarakan baik di internal kementerian agama maupun eksternal. Bahkan ada di antara mereka yang secara mandiri mengikuti pelatihan baik offline maupun online.  Berbekal dengan hal tersebut, para guru di MTs Al-Abrar Panggala mampu menggunakan smart tv untuk menungjang pemebelajaran di kelas yang asyik dan menyenangkan.

C.      Dukungan Sarna dan Prasarana

Gambaran Tata Ruang Lokasi Madrasah MTs Al-Abrar memiliki tata ruang Luas terdapat dua Gedung, pagar hidup di sisi kiri belakang dan kanan dan tembok didepan, menjadikan keamanan madrasah terjamin baik dari pihak luar maupun dari dalam. Apa lagi Imam masjid madrasah tinggal di perumahan madrasah.

D.     Prospek Siswa

Dengan dilengkapinya fasilitas berupa smart tv di Madrasah Tsanawiyah Al-Abrar Panggala di Dusun Ukke’e Desa Taccorong Kec. Gantarang Kab. Bulukumba adalah merupakan kabar gembira bagi para siswa. Mengingat lokasinya diapit oleh tiga Sekolah. Di timur ada Pesantren Babul Khaer Bulukumba namun jaraknya sekitar 3 KM. Di Utara ada MTs Muhammadiyah Kampo Baru jaraknya kurang lebih 7 KM. Di barat ada SMP 9 Bulukumba jaraknya kurang lebih 3 KM. Namun semua lembaga pendidikan tersebut tidak memiliki akses angkutan umum, sehingga dengan fasilitas pembelajaran yang modern dan kekinian akan menjadi pertimbangan untuk menimbah ilmu pengetahuan di MTs Al-Abrar Panggala

E. Kebutuhan Masyarakat terhadap Lulusan

Masyarakat panggala adalah masyarakat yang baru tersentuh dengan budaya perkotaan dimana umumnya mereka hidup dengan mengandalkan hasil pertanian, perkebunan dan buruh bangunan. Disisi lain banyaknya pembangunan BTN di wilayah tersebut tentunya akan mempengaruhi Karakter dan budaya lokal disana, sebab dengan sendirinya Desa Taccorong akan didatangi banyak penduduk dari berbagai daerah termasuk kultur dan budaya pun akan mengalami perubahan sehingga dengan hadirnya MTs Al-Abrar di daerah tersebut dapat menjadi balance arus budaya dan yang terpenting adalah MTs Al-Abrar akan menjadi pelopor lahirnya generasi Yang Beriman dan Bertaqwa Kepa Tuhan Yang Maha Esa. Mencerdaskan anak-anak Panggala khususnya.

 F.     Dukungan Jaringan Internet

Kondisi jaringan di Madrasah Tsanawiah Al-Abrar sangat stabil sehingga memungkinkan untuk  tetap terhubung dan berselancar dengan jaringan internet.

 G.    Dukungan Anggaran

40% dari anggaran dana BOS periode 2024-2025.

 

 

 

Panggala, 16 mei 2024

                                                                                             

                                                                                              Kepala MTs Al-Abrar Panggala

 

 

 

                                                                                                TAHMIL, S.Pd.I


0 Response to "Contoh Format Studi Kelayakan Pengadaan Smart TV untuk Madrasah/Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel