begini cara menghadapi masalah ala/versi tahmil

Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Selamat berjumpa kembali shabat blogger.

Ya, kali ini penulis sedikit akan berbagi tips tentang bagaimana menghadapi keadaan dimana kita berada diambang keputusasaan. Biasalah sahabat pembaca yang budiman, sekarang ini hampir setiap hari, setiap pemberitaan baik, ditv, di sosial media, wa, fb, dan lain sebagainya, selalu memunculkan berita-berita yang rata-rata diawali dengan keadaan dimana seseorang sulit menentukan pilihan, diam atau bergerak, maju atau mundur, mengalah atau melawan, menentang atau sepakat, atau bahkan terkadang diakhir malah lebih memilih mati daripada bertahan untuk hidup dengan sejumlah masalah yang dihadapinya.

Sahabat pembaca yang baik, siapasih diantara kita yang tak punya masalah?, pastinya semua orang tentu punya masalah yang berbeda-beda, mulai dari bangun tidur saja masalah sudah dimulai, karena pasti semua rencana kemarin yang tertunda atau yang telah selesaipun akan masuk mengisi ruang pikiran kita, dan tentu akan mempengaruhi langkah kita selanjutnya untuk memulai sebuah gerak atau tindakan.

Ini bisa terjadi pada siapa saja, entah ia berprofesi sebagai, karyawan swasta, pegawai swasta atau negeri, pimpinan, bawahan, petani, nelayan, pedagang, kuli bangunan, pelajar, mahasiswa, dosen dan lain sebagianya. Intinya hidup saja adalah masalah, ini artinya masalah harus dihadapi dan kita tidak dapat menghindar dari yang namanya masalah.

begini cara menghadapi masalah ala/versi tahmil


Sayangnya, hanya sedikit di antara kita yang menempatkan bahwa masalah harus dihadapi bukan dihindari dalam arti lari dari masalah. Bagi anda hari ini yang mengalami berbagai kondisi yang tidak sesui dengan keinginan, berbeda dengan apa yang diharapkan dan yang dicita-citakan.

Anda terpuruk, anda termarginalkan, anda dibenci, dibulli kata anak sekarang, anda tidak diperlakukan secara tidak manusiawi, merasa terlecehkan, direndahkan, tidak dihargai.

Maka pada saat itulah terkadang muncul dalam pikiran, kemudian bertindak diluar dari yang seharusnya, apakah anda berbuat yang sama dengan apa yang dilakukan orang kepada anda, atau bahkan anda membalas dengan sesuatu yang lebih fatal dengan harapan anda bisa merasa puas. Bila ini terjadi berarti masalah tidak akan selesai, bahkan masalah akan terus bertambah.

Dilain sisi lain, terkadang kita mengalami keadaan sperti diatas, tetapi kita tidak bisa melawan, sebab orang yang melakukannya adalah orang terdekat kita, bahkan orang yang sangat kita cintai, orang kita sangat kasihi, orang yang kita hormati, orang yang kita anggap orang tua.

Disinilah terkadang gejolak jiwa mulai memainkan akal sehat kita. Pada kondisi inilah terkadang seseorang lebih memilih diam dalam tindakan tetapi masuk dihati dan terus dipikirkan lalu terjadilah yang namanya gila, gila yang penulis maksud disini adalah tertutupnya akal seseorang dari cahaya ketuhanan.

Sahabat pembaca yang baik, tibala saatnya penulis akan membongkar carah yang paling ampuh untuk menghadapi setiap masalah dan ujian hidup yang melanda dan penulis rekomendasikan untuk diterapkan:

  • Jernihkan hati dan pikiran
  • Cari tau apa masalahnya
  • Masalah jangan dibagi-bagi
  • Temukan masalah dari sudut pandang yang berbeda
  • Selalu berbaik sangka
  • Jangan lupa selalu berdo'a pada Tuhan Yang Maha Kuasa ( Allah SWT )
  • Sabar1. 


  1. Dengan hati dan pikiran yang jernih sesungguhya membukan jalan untuk berinteraksi dengan sang pencipta, Artinya kalau kita tertimpa masalah mencobalah untuk menenangkan hati dan pikiran anda selanjutnya bersandarlah dan berserah pada-Nya. Bagi anda yang meyakini hal ini, tentu anda sudah melakukan upaya yang tepat, sebab Tuhan selalu ada solusi untuk makhluknya berserah hanya Pada-Nya.
  2. Anda tahu apa masalahnya berarti anda punya solusinya. Sebab tidak selamanya apa yang menurut pikiran anda selama ini baik, justeru ternyata menjadi penyebab terjadinya masalah.   
  3. Masalah jangan dibagi-bagi, masalah yang dibagi-bagi bukannya akan mendapatkan solusi, tetapi malah akan memperburuk keadaan. Perhadapkan masalah pada tempatnya dan pada porsinya.
  4. Temukan dan pandanglah masalah itu dari perspektif yang berbeda. Cobala untuk membuka diri dan melihat sudut pandang orang lain, dengan demikian anda akan menemukan sesuatu yang berbeda diluar daripada apa yang selama ini anda pikirkan.
  5. Berbaik sangka, atau lawan katanya buruk sangka. Apabila anda selalu menanamkan prasangka buruk dalam diri, maka semua yang anda lihat selau buruk dan selalu salah di mata anda, jelas keadaan ini akan menutup hati anda dan jalan anda menjadi gelap untuk keluar dari masalah anda.
  6. Sebagai oarang yang menganut kepercayaan Ketuhanan, Sebagai penulis kan meyakini Tuhan itu Esa, makanya Penulis sampaikan disini bahwa berdo'alah dengan keyakinan penuh pada Allah swt. karena Dialah yang menciptakan kita dan Dia pulalah yang paling tahu do'a-do'a nada. Persolan diterima dan tidaknya hanya Dia Yang Maha Kuasa.
  7. Sabar, Sabar itu tidak terbatas, Kemampuan seseorang mengendalikan masalah dalam hidup adalah orang yang kuat jiwanya dan itulah sabar yang sebenarnya.  
Itulah beberapa cara yang bisa dilakuan bagi anda yang sedang membutuhkan tips atau cara menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari, semoga membantu.

Sahabat blogger yang baik, admin mengucapkan terima kasih telah berkunjung keblog ini, semoga bermanfaat.  


Wassalam

0 Response to "begini cara menghadapi masalah ala/versi tahmil "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel