"Gara gara Uang Panaik Aku Jadi Lupa Jalan Pulang Ke rumah"

 

Melakukan sebuah perjalanan dari rumah menuju suatu tempat untuk sebuah urusan merupakan aktivitas yang penting direncanakan jauh hari sebelum perjalanan dilakukan.

Hal ini penting karena kita tidak akan pernah tahu apa dan bagaimana semasa dalam perjalanan, syukur kalau lancar dan tidak macet.

Baiklah, bagi anda yang sudah terlanjur diperjalanan dan tidak sempat membawa perlengkapan, atau lagi sibuk baca WhatsApp, mending smartphonenya ditaruh dulu. 

Ets, bukan sok ngatur yah sahabat, tapi sebaiknya sesekali perhatikan mobil dump truk yang mungkin banyak beroperasi di sekitar anda.

Ungkapan yang termaktub di pantat dump truck ini adalah sebuah ungkapan menggelitik hati dan nalar kita. 

"Gara-gara uang panik jadi lupa pulang ke rumah".


Uang panaik adalah istilah yang melekat dalam tradisi pernikahan di suku bugis-makassar. Dalam pandangan agama, uang panaik bukan syarat wajib dalam rukun pernikahan, Nabi Muhammad saw. memberitahukan sesungguhnya pernikahan yang paling berberkah adalah pernikahan yang paling mudah maharnya. Ingat lho. Admin bilang "Kata nabi yang paling memudahkan".

Belakangan ini banyak yang mempersulit pernikahan dengan adanya uang panaik yang jumlahnya melangit, yang belum tentu semua profesi bisa mewujudkan uang panaik itu.


Benturan antara adat dan syari'at terkadang membuat nalar kita menjadi goncang, sisi lain dilakukan atas nama adat tentu bisa mengangkat status sosial, dilain sisi sipelamar demi mencari uang panaik rela menelusuri jalan yang baru dan bahkan lupa jalan utama untuk pulang ke rumah. Padahal menurut admin sih, adat itu hadir untuk mengejahwantahkan benang-benang syariat yang saling menguatkan. hehe, kok admin seperti ustadz juga yah.

Admin hanya bilang bahwa, uang panaik tetap harus ada dalam setiap pernikahan sebagai sebuah kelengkapan dan adat, tetapi semua dalam batas kewajaran. Karena menikah sama dengan Mitsaqan Ghalidzan Perjanjian Yang Maha Agung.

Buat abang driver satu kata buat anda, semangat....

Terima Kasih, semoga membantu 












0 Response to ""Gara gara Uang Panaik Aku Jadi Lupa Jalan Pulang Ke rumah""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel