5 Peran Guru Sebagai Impian Bangsa

 

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabaralkatuh

Semangat Pagi dan Salam Sejahtera Buat Kita Semua.

Begini sahabat, sebentar lagi para siswa sudah akan memasuki tahun pelajaran baru 2022-2023. Mungkin sebahagian dari pembaca adalah guru tentu tidak mengapa meluangkan waktu buat membaca tulisan sederhan ini.

Sumber daya yang handal tidak cukup di dapatkan dari satu sumber yaitu hanya dari perguruan tinggi semata, tetapi bermula dari bangku sekolah dasar, menengah dan lanjutan. Apalagi di era teknologi 4.0 yang bias dikatakan sudah berkembang semakin pesat.

Pada tingkat tersebut, tentu guru tidak melulu menyampaikan pelajaran sesuai dengan kurikulum, tetapi dituntut dapat mengembangkan potensi siswanya. Artinya, pengajaran tidak lagi terikat pada pembelajaran yang terbatas hanya pada ruang-ruang kelas. Guru dituntut mengembangkan metode secara kreatif dan inovatif. Guru bukan lagi sebagai pusat dan sumber pembelajaran, melainkan sebagai fasilitator, planner, inovator, motivator. Sumber belajar siswa bisa berupa buku, lingkungan, dan masyarakat, tak terkecuali internet.

Dengan demikmian, peserta didik akan menyukai gurunya, materinya dan metodenya bahkan akan terus dituntut untuk maju serta menemukan hal-hal baru pada bidang yang diminati untuk membangun kompetensi diri. Tuntutan Kurikulum Berbasis Kompetensi, pembelajaran tidak hanya mengembangkan aspek kognitif, tetapi juga psikomotorik dan afektif siswa. Dengan sistem itu, penilaian juga tidak sekadar berupa indeks prestasi pelajaran, tetapi juga penilaian portofolio kelas. Siswa tidak hanya pandai dalam teori (kognitif), tetapi terampil dalam berbuat (psikomotorik) serta memiliki sikap mental yang baik (afektif).

Masyarakat kita, sangat membutuhkan para guru-guru yang mampu mengangkat citra dan marwah pendidikan kita yang terkesan sudah carut marut, dan seperti benang kusut. Guru Impian Bangsa adalah guru yang memiliki kemampuan, dan ketrampilan bagaimana dapat menciptakan hasil pembelajaran secara optimal, selanjutnya memiliki kepekaan di dalam membaca tanda-tanda zaman, serta memiliki wawasan intelektual dan berpikiran maju, tidak pernah merasa puas dengan ilmu yang dimilikinya dan prestasi yang sudah menggudang.

 

Sebenarnya peran Guru merupakan Impian suatu bangsa dan berikut admin kemukakan setidaknya ada 5 peran Guru sebagai Impian Bangsa:


1.    Guru Sebagai Planner

Planner, artinya guru memiliki program kerja pribadi yang jelas, program kerja tersebut tidak hanya berupa program rutin, misalnya menyiapkan seperangkat dokumen pembelajaran seperti Program Semester, Satuan Pelajaran, LKS, dan sebagainya. Akan tetapi guru harus merencanakan bagaimana setiap pembelajaran yang dilakukan berhasil maksimal, dan tentunya apa dan bagaimana rencana yang dilakukan, dan sudah terprogram secara baik.

2.    Guru Sebagai Inovator

Inovator, artinya memiliki kemauan untuk sesuatu yang baru dan hal baru itu berkenaan dengan pola pembelajaran, termasuk didalamnya metode mengajar, media pembelajaran, sistem dan alat dan evaluasi. Secara individu maupun bersama-sama mampu untuk merubah pola lama yang selama ini sudah kedaluarsa dengan merubah kepada pola pembelajaran yang kekinian, maka akan berdampak kepada hasil yang lebih maksimal.

3.    Guru Sebagai Motivator

Motivator, artinya guru impian bangsa memiliki motivasi untuk terus belajar dan belajar, dan dari sinilah siswa akan menjadikan gurunya sebagai teladan dalam kehidupannya.

4.    Guru Sebagai Capable Personal

Capable personal, maksudnya guru diharapkan memiliki pengetahuan, memiliki banyak informasi dan kemampuan mengolah informasi, sehingga mampu mengelola proses pembelajaran secara efektif.

5.    Guru Sebagai Developer

Developer, artinya guru mau untuk terus mengembangkan diri, dan tentunya mau pula menularkan kemampuan dan keterampilan kepada peserta didiknya dan untuk semua orang. Guru impian bangsa haus akan menimba keterampilan, dan bersikap peka terhadap perkembangan IPTEK, misalnya mampu dan terampil mendayagunakan aplikasi komputer, android, internet, dan berbagai model pembelajaran multimedia.

Demikian semoga berguna.

0 Response to "5 Peran Guru Sebagai Impian Bangsa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel