Biar Tidak Ragu. Begini Cara Writervator Menjawab Pertanyaan Calon Peserta TourAksara!



Assalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Semangat pagi! dan salam sejahtera buat kita semuanya.

Sekilas apa itu Tour Aksara sudah dipost pekan lalu. Bagi yang belum mengerti, boleh admin ulangi secara singkat bahwa TOURAKSARA adalah program yang digagas oleh Forum Indonesia Menulis yang memberi kesempatan untuk traveling ke berbagai negara sekaligus belajar tentang kemajuan pendidikan, perkembangan literasi, teknologi dunia, serta banyak hal menarik dan bermakna lainnya

TourAksara ini ditujukan untuk memberikan pengalaman berharga ke luar negeri, yakni bukan sekedar jalan-jalan biasa, melainkan sambil eksplore hal-hal menarik dan edukatif di negara yang dikunjungi, yang semua itu akan dituliskan menjadi “artikel perjalanan” melalui bimbingan yang efektif!

Dengan konsep traveling berbasis educative dan explorative, yakni suatu konsep wisata menjadikan pengalaman yang dapat dimaknai oleh peserta dan juga memberikan pengalaman baru untuk mengembangkan pengetahuan, pola pikir dan perilaku melalui aktivitas wisata. Semua itu dikemas sebagai bentuk Tour Edukasi mengesankan yang akan diwujudkan melalui Program WRITERVATOR

Berikut juga admin sertakan sasaran peserta Tour Aksara, siapa saja mereka?. Ini dia:
  1. Sekolah SD, SMP dan SMA
  2. K3S, MKKS, MGMP, KKM
  3. Yayasan sekolah, Organisasi profesi guru, Komunitas pendidikan, Komunitas penulis.
  4. Para paguyuban murid/orang tua wali murid
  5. Instansi Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi, Instansi Balai Bahasa, Instansi Balai Guru Penggerak, atau LPMP dll
  6. Rektor, kampus, BEM, HMJ, UKM dan Mahasiswa
  7. Masyarakat umum
  8. Ring satu, Ring dua dan Ring tiga
Ok. Izinkan mimin menjadi Konsultan yang baik untuk sahabat sekalian, sehingga calon peserta TourAksara yang masih ragu dapat memantapkan pilihan. Berangkat atau tidak. Yang pasti dari beberapa tanggapan diarahkan kepada writervator baik secara langsung maupun via wa rata-rata pertayannya begini:

1. Bagaimana meyakinkan kegiatan ini benar-benar ada karena banyak yang khawatir karena uangnya langsung dikirim ke pusat FIM? 


Jawaban :

  • Pertama Adanya legalitas PT Travel FIMPACKER Internasional, semua rekening atas nama PT tersebut,
  • kedua bisa dilakukan MoU FIM Bersama kepala Sekolah untuk meyakinkan,
  • ketiga uang yang diterima akan langsung dibelikan tiket pesawat mulai awal maret dan akan dikirim tiket tersebut lansung ke peserta tour,
  • keempat saat DP bisa langsung diberikan kuitansi sejumlah yang dibayar,
  • kelima bisa dilakukan zoom antara FIM dengan pihak sekolah atau peserta untuk pendalaman terkait program dan kepastian keberangkatan

2. Apakah setiap peserta wajib untuk menulis ? Apakah boleh kalau ikut program nya saja tanpa harus menulis ?

Jawaban : 
Program ini dilengkapi dengan paket menulis, ada proses coaching dan pendampingan sehingga peserta mampu menyelesaikan tulisan, namun jika telah maksimal dan ada peserta yang tidak menulis, maka fasilitas buku tidak diperoleh oleh si peserta tersebut, sedangkan fasilitas perjalanan lainnya tetap ada

3. Apakah program ini berlaku tiap tahun ? Agar kami bisa koordinasi dengan kepala sekolah untuk tiap tahun bisa diagendakan kegiatan seperti ini, jadi bisa nabung dari jauh-jauh hari.

Jawaban :
Khusus untuk program TourAksara FIM buka setiap tahun namun dengan ketentuan dan penawaran yang berbeda pastinya, bias berbeda biaya paket, fasilitas dll karena adanya perubahan dari berbagai pihak terkait hal tersebut.

4. Pesawat yang akan di gunakan ?
Jawaban : 
Untuk pesawat rata-rata menggunakan AirAsia, tetapi tidak semua menggunakan AirAsia, karena disetiap provinsi atau kota-kota besar belum tentu ada rutenya       sehingga perlu disesuaikan.

5. Apakah biaya sudah mencakup makan, minum, penginapan, dll
Jawaban 
Sudah semua include satu paket, kecuali biaya di luar pembuatan passport, kelebihan bagasi (hanya disediakan kabin 7kg), uang jajan untuk belanja oleh-oleh.

6. Kegiatan TourAksara ini angkatan keberapa? Apa sebelumnya pernah dilaksanakan?
Jawaban :
Kegiatan ini sudah 3x terlaksana secara mandiri. Kalau sebelumnya keberangkatan hanya per sekolah/instansi dengan rangkaian tour serupa. Dan kali ini Fim Pusat membuka program ini untuk se-Indonesia.

7. Terkait tanggal keberangkatan apakah ada pilihan tanggal ?
Jawaban :

Kloter 1:

24-30 JUNI 2024

Kloter 2:

01-07 JULI 2024

Selain bulan Juni dan Juli 2024, calon peserta TourAksara dapat mengikuti program tersebut di akhir tahun 2024, atau awal tahun 2025. Hanya saja belum dapat diinfokan tanggal pastinya.

8. Apakah setiap Daerah ada Konsultan/Writervator?
Jawaban:

Tidak semua Daerah ada writervator/Konsultannya. Khusus di Sulawesi Selatan berdasarkan surat keputusan Pimpinan Pusat Forum Indonesia Menulis Nomor: SK/030/FIM-WTR/XII/2023 terlampir dari Makassar ada sebelas orang Writervator, Enrekan tiga orang, Kabupaten Soppeng satu orang, Luwu Timur satu orang, Pangkep satu orang, dan Bulukumba satu orang yang tidak lain adalah admin itu sendiri.

9. Bagaimana cara mendaftar sebagai calon peserta TourAksara?

Jawaban : Silahkan baca artikel ini https://www.tahmiltaha.com/2023/12/bagaimana-cara-mendaftar-peserta-tour.html

Di bawah ini admin sertakan Itenary TourAksara. Semoga informasi ini bisa menjawab keraguan anda.

 

0 Response to "Biar Tidak Ragu. Begini Cara Writervator Menjawab Pertanyaan Calon Peserta TourAksara! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel