Komputer Server MTs AL-Abrar Panggala Bermasalah, Proktor Kabupaten ANBK 2021 Turun Tangan

 

Hasbullah Proktor Kabupaten ANBK (kiri) Tahmil Kamad MTs Al-Abrar Panggala (kanan) dalam Agenda Memenuhi Undangan Khusus Server ANBK yang Bermasalah.


Assalamu Alaikum sahabat pendidik. Asesmen Nasional atau AN kini sudah semakin dekat waktu pelaksanaannya ya. Kalau sahabat mendapatkan tugas sebagai Proktor, sahabat boleh membaca moda Asesmen Nasional. Asesmen Nasional moda daring dan Asesmen Nasional moda semi daring menggunakan aplikasi yang berbeda. Pada praktiknya, bisa saja terjadi beberapa masalah yang menyebabkan terkendalanya proses asesmen. Pada kesempatan kali ini penulis hendak berbagi pengalaman sperti yang dialami Proktor Madrasah Tsanawiyah Al-Abrar Panggala yang kesulitan dalam singkronisasi ANBK yang pada akhirnya meminta bantuan teknis secara langsung ke Proktor kabupaten ANBK Bulukumba. Kamsi, 16 September 2021.


Sebagaimana yang mungkin sering dialami oleh para proktor madrasah khususnya yang memilih aplikasi Asesmen Nasional moda semi daring. Setidaknya MTs Al-Abrar Panggala sudah melakukan langkah-langkah sebagaimana urutan moda semi daring yaitu;

  1. Madrasah menyiapkan komputer server dan komputer klien.
  2. Sekolah tersebut melakukan pengaturan jaringan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).
  3. Mengunduh VHD dan Prerequisites. 
  4. Membuat Virtual Machine atau VM.
  5. Menjalankan CBT Sync Admin. 
  6. Masuk pada menu dashboard CBT Sync.
  7. Memeriksa status koneksi ke server pusat, apakah offline, standby biru, standby kuning, ataukah aktif. Jika standby biru, maka melakukan pemeriksaan jadwal sinkronisasi di website ANBK. Jika standby kuning, maka dilakukan reset serial number ke HD Prov. Jika telah aktif, maka dilakukan sinkronisasi atau rilis token dan seterusnya. 
  8. Apabila belum meng-update data dilakukan update data yang dilanjutkan dengan menjalankan services dan kembali pada langkah ke-5.
Pada instalasi awal semua berjalan lancar khususnya koneksi LAN dari server ke klien. nanti kemudian masuk pada menu CBT sync barulah terjadi kendala. Bebrapa kali dilakukan kendali monitor jarak jauh melalui aplikasi ultra viewer bersama Proktor akhirnya harus diakui salah satunya MTs Al-Abrar lambat mengupdate status di verval tik sehingga melewatkan beberapa sesi simulasi. Sehingga harus bergerak cepat dalam mengejar ketertinggalan.

Setelah sepekan intens dalam melakukan bongkar pasang aplikasi baik VHD, VM, CBT sync, termasuk mengistal ulang server dari nol dan akhirnya pada dashboard PUSMENJAR dapat kode token dan menunggu jadwal sync dari pusat. tetapi setelah Server off pada malam kamis malam pukul 23.00 tanggal 15 september 2021. Lalu  server dihidupkan kembali pada pagi hari 07.00 kamis 16 september 2021 ternyata diluar dugaan, semua hasil pekerjaan pada malam harinya kembali ke nol. VHD tidak bekerja, CBT sync tidak dapat terbuka.

Tut......Tut......tuut......! panggilan telephone via whatsapp
Assalamu Alaikum pak" Proktor Madrasah

Wa alaikum salam warahmatullah, Kenapaki pak, pagi-pagi sekali nelponnya?" jawab pak Hasbullah

tanpa banyak basa-basi, proktor madrasah langsung memanggil proktor kabupaten untuk segera ke MTS Al-Abrar Panggala.

Tabe' pak! tidak sibukjaki?, bisaki ke sekolahku sekarang Pak?, butuhka ini dikunjungi langsung.

Mendengar proktor madrasah yang terkesan sangat butuh pertolongan. Pak proktor kabupaten pun langsung meng-iakan.

Ok. kitungguma"

Komputer server bermasalah, proktor kabupaten ANBK 2021 turun tangan.



0 Response to "Komputer Server MTs AL-Abrar Panggala Bermasalah, Proktor Kabupaten ANBK 2021 Turun Tangan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel