Musim Pancaroba Telah Tiba. Berikut Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Tetap Sehat



Assalamu Alaikum Warahmatuyllahi Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera buat kita semuanya.

Kali ini admin akan membagikan informasi seputar pancaroba dan solusi agar tubuh tetap sehat.

Musim pancaroba adalah musim peralihan antara musim kemarau ke musim penghujan, atau sebaliknya. Musim ini biasa ditandai dengan cuaca atau perubahan suhu udara yang tidak menentu, seperti banyak angin dan hujan.

Untuk menghadapi kondisi ini, sebaiknya tubuh juga harus sudah siap untuk melawan atau menangkal virus yang berkembang dan menyebar.

Mungkin ada yang bertanya. Mengapa di Musim Pancaroba terkesan banyak penyakit? 

Suhu udara dan cuaca yang tak menentu di musim pancaroba, dinilai dapat meningkatkan potensi munculnya berbagai penyakit. Pada musim pancaroba (terutama dari kemarau ke musim hujan), orang cenderung lebih sering berada atau berkumpul di tempat tertutup. Keadaan ini juga menyumbang pada peningkatan risiko penularan infeksi. Virus dan bakteri dinilai mampu hidup lebih lama dan berkembang pada suhu serta kelembapan yang lebih rendah, seperti pada musim pancaroba. Musim pancaroba dianggap berpotensi membuat aliran darah menyempit, mengurangi kadar vitamin D, serta menurunkan sistem imun tubuh.

Tips menjaga kesehatan di musim pancaroba

Untuk menghindari serta mengatasi berbagai penyakit yang mungkin muncul di musim pancaroba, Anda sebaiknya meningkatkan imunitas tubuh dengan cara:

  • Mencukupi kebutuhan tubuh untuk beristirahat
Durasi tidur yang cukup dapat membantu Anda dalam menguatkan sistem kekebalan alami tubuh, sehingga lebih mampu untuk melawan penyakit. Orang dewasa disarankan untuk tidur malam sekitar 7-9 jam per hari.
Bila Anda sulit tidur, coba hindari bermain gadget sekitar satu jam sebelum tidur. Anda juga bisa mematikan atau meredupkan lampu serta mengatur suhu alat pendingin di kamar tidur agar lebih nyaman.

Bila anda muslim dan susah tidur di awal malam sebaiknya ambillah mushab Al-Qur'an bacalah beberapa ayat insya Allah anda akan ngantuk dan bisa segera tertidur, karena ujian pertama membaca kitab adalah ngantuk.  

  • Menerapkan pola makan sehat dan seimbang
Pola makan berkaitan erat dengan sistem imunitas tubuh. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang kaya buah juga sayur-sayuran.
Tidak hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi gula maupun lemak jenuh.
Sementara bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan, makanan probiotik bisa membantu dalam meringankan kondisi ini. Contohnya, tempe, tahu, dan yoghurt.
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh
Mencukupi kebutuhan cairan tubuh tidak hanya menjauhkan Anda dari bakteri dan virus, tapi juga menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Anda disarankan untuk minum air putih sekitar 2 liter per hari.
  • Rutin berolahraga
Anda cukup lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda. Namun lakukan latihan fisik ini secara rutin, yakni selama 30 menit setiap hari.
Tak hanya di musim pancaroba, olahraga teratur menawarkan manfaat luar biasa dalam menjaga sistem imun secara umum.

Guna mengurangi risiko penularan penyakit, Anda juga disarankan untuk rajin mencuci tangan. Langkah ini perlu dilakukan dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun.

Hindari atau batasi juga kontak dengan orang sakit, khususnya selama musim pancaroba. Dengan ini, Anda dapat mencegah penyebaran penyakit dengan lebih optimal.

Menghindari gigitan nyamuk pun perlu dilakukan dengan saksama agar terhindari dari penyakit tertentu, seperti DBD dan chikungunya. Anda bisa memasang kelambu ketika tidur atau mengoleskan losion antinyamuk.

Dengan menerapkan berbagai langkah pencegahan tersebut, niscaya Anda dapat meminimalkan risiko penyakit musim pancaroba yang mungkin mengintai Anda. Namun bila Anda telah merasakan keluhan yang mencurigakan, jangan menunggu lagi dan konsultasikan ke dokter.




0 Response to "Musim Pancaroba Telah Tiba. Berikut Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel