Cara Input Proposal di SIM-SARPRAS Kemenag 2022

 



Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Semangat pagi dan salam sejahtera buat kita semuanya.

Seperti biasa kali ini admin www. tahmiltaha.com akan berbagi cara input Proposal di dasboard SIM-SARPRAS lingkup kementerian agama Republik Indonesia khusus Tahun Anggaran 2022. Penasaran bagaimana caranya?

"Yuk, kita mulai"!

Hal yang paling penting admin sampaikan bahwa, sebelum anda duduk manis di depan laptop sebaiknya dipersiapkan dulu bahan-bahannya:  

  1. Identitas Madrasah (wajib) 
  2. Data Pokok Madrasah (wajib)
  3. Kondisi Sarana dan Prasarana Madrasah (wajib)
  4. Riwayat Jenis Bantuan (opsional)
  5. Data Prestasi Siswa (opsional)
  • Identitas Madrasah terdiri dari; NSM, jenjang, nama madraah, NPSN, telepon, email, websinte, provinsi, kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, dan alamat. Legalitas Madrasah terdiri dari; nomor SK izin operasional, tanggal izin operasional, akreditasi, tahun akreditasi lengkap dengan file pdf ukuran 200 kb. Data kepala madrasah,data penyelenggara, letak geografis, dan data rekening bank di oploade dalam bentuk file pdf 200 kb,
  • Data Pokok Madrasah terdiri dari; Jumlah rombel kelas, dan melengkapi jumlah siswa laki-laki dan perempuan,
  • Kondisi Sarana dan Prasarana terdiri dari; luas lahan/tanah bersertifikat atau tidak bersertifikat, berdasarkan sumber pengadaan, dan luas tanah berdasarkan kegunaan (Bangunannya berapa luas, fasilitas lainnya apa saja, dan lahan kosong siap dibanguni berapa luas). Selanjutnya lengkapi semua keterangan bangunan dan ruangan; baik, rusak ringan, dan rusak berat.
  • Terakhir jaringan internet juga harus stabil dan biasakan menyimpan segala perubahan setiap sesi penginputan sebelum ditinggalkan.
  1. langkah awal silahkan menuju google chrome atau bisa langsung menekan link berikut https://appmadrasah.kemenag.go.id/simsarpras/login
  2. silahkan pilih tahun anggaran 2022, 
  3. pada kolom akun diisi dengan nomor statistik madrasan,
  4. pada kolom password diisi dengan nomor statistik madrasah juga, lihat gambar di bawah ini;

  5. Setelah berhasil login pada bagian kiri dashboar pilih profil madrasah dan silahkan dilengkapi sesui permintaan sistem mulai dari data identitas madrasah sampai data prestasi siswa  sebagaimana admin sebutkan bahan-baahannya di awal. Perhatikan gambar di bawah ini;

  6. Mengisi dokumen Pendukung, (mulai dari photo kegiatan siswa, photo kondisi sapras baik, photo kondisi sapras rusak, dan video kondisi madrasah bila ada) caranya dengan menekan tombol "ambil file" selanjtnya setelah semua file tersimpan di sistem, silahkan tekan "opload file" perhatikan gambar berikut; 

  7. Pengajuan Proposal terdiri dari tiga tahapan pengisian, tahap 1 memilih jenis bantuan contoh untuk jenjang MTs terdiri dari (meubelair, rehab,RKB, dan media pembelajaran) selanjutnya mengisi kolom alasan pengajuan proposal, tahap 2 opload berkas persyaratan, disini ada tiga bentuk file yang butuhkan dan bisa diunduh dari sistem (1. surat permohonan bisa diunduh dari sistem, 2. dokumen pendukung seperti gambar bisa lebih dari satu file, dan 3. surat pernyataan, contoh file bisa diunduh dari sistem) cara mengopload file sama dengan cara pada gambar 6.
  8. setelah semuanya sudah terpenuhi, pengajuan proposal jangan langsung dikirim sebaiknya disimpan sebagai draf selanjutnya silahkan buat surat permohonan surat rekomendasi ditujukan kepada kepala kantor kementerian agama di kota anda dan jangan lupa lampirkan file asli yang telah diopload ke dashboar sim-sarpras. Setelah berhasil mendapatkan rekomendasi, login kembali ke akun sim-sarpras dan lengkapi di tahapan pertama, kedua dengan mengopload surat permohonan dengan melampirkan profil madrasah, rencana anggara biaya (RAB), rekomendasi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Wilayah. Selanjutnya menuju tahap 3 untuk menopload Surat Pernyataan dan kirim proposal.
  9. Apabila sudah terkirim silahkan di cek pada menu Monitoring status pengajuan seperti gambar berikut. Kalua bisa di download untuk arsip.

     
  10. selamat mencoba, Ets....., agar terhindar dari hal-hal yang menyesatkan berikut admin sertakan contoh file surat permohonan dan surat pernyataan. Semoga membantu. Aamiin.

0 Response to "Cara Input Proposal di SIM-SARPRAS Kemenag 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel