RDM (Rapor Digital Madrasah) Wajib Bagi Semua Madrasah. MTs Al-Abrar Pilih RDM Hosting TP 2021

 

Dashboar RDM Hosting MTs Al-Abrar Panggala

Aplikasi "Rapor Digital Madrasah" atau yang sering disebut RDM adalah sebuah aplikasi rapor pengganti Aplikasi Rapor Digital yang sering disebut ARD yang mana aplikasi ini dikembangkan oleh tim teknis Kemenag RI, diharapkan dengan adanya pengembangan aplikasi ini dapat memudahkan para pendidik dalam mengolah Hasil Nilai Belajar siswa.

Guru dan Tenaga Pendidik madrasah di harapkan dapat aktif mempelajari aplikasi RDM ini, yang mana merupakan penyempurnaan dari aplikasi rapor digital (ARD) yang pernah di gunakan madrasah sebelumnya. Aplikasi RDM, dikembangkan dalam rangka mewujudkan tata kelola madrasah yang efektif serta mendukung program digitalisasi madrasah

Sasaran pengembangan aplikasi ini adalah menjadikan madrasah lebih maju dalam penguasaan teknologi dan sistem madrasah berbasis IT. Dengan dukungan sistem online, di zaman era teknologi 4.0 menjadikan madrasah lebih mudah mengakses data-data dari system. RDM tersebut diterapkan pada seluruh madrasah Negeri dan Swasta dengan mendownloadnya melalui portal rdm.kemenag.go.id dan setiap madrasah akan mendapat token aktivasi aplikasi RDM dari HD kantor wilayah Kemenag Provinsi masing-masing

Setidaknya ada tiga versi pilihan, ada versi VDI, Versi XAMPP/ Installer, dan versi Hosting. 

Bagi yang memilih VDI maka harus menggunakan Server Lokal untuk mengakses Aplikasi RDM, sedang yang memilih versi xampp/installaer Versi ini disiapkan untuk teman-teman operator madrasah tidak memiliki server yang cukup untuk versi VDI. Versi ini dapat di install pada Windows dengan OS 64bit, Versi ini disiapkan untuk teman-teman oprator madrasah yang menggunakan Hosting atau VPS sehingga guru-guru dapat mengakses aplikasi rapor dari mana saja..
Selain itu, untuk versi Hosting, ada 2 metode yang kami siapkan, yaitu full source dan mini install.
Untuk versi mini install, teman-teman cukup download source yang cukup kecil, dan kemudian upload dan extract ke folder hosting atau vps. 

Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, kembali kepada pilihan masing-masing madrasah akan menggunakan versi yang mana.

Seperti MTs Al-Abrar Panggala, proktornya memilih ARD Versi Hosting, karena lokasinya memiliki akses internet yang bagus, kemudian guru-gurunya sudah dibiasakan mengerjakan laporan dan data-data yang berbasis jaringan, sehingga mengonlinenkan Aplikasi Digital Madrasah adalah kemudahan tersendiri bagi wali kelas, guru dan proktor. 

Menurut A. Arfina Aksara salah seorang guru sekaligus Proktor MTs Al-Abrar Panggala mengungkapkan kesenangannya karena pihak madrasah selalu mencari jalan terbaik dalam memudahkan tugas-tugas Madrasah salah satunya RDM bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. 

Bagus ini RDM Hosting digunakan, karena bisa dibuka kapan saja, dimana saja, bisa di HP, bisa di Laptop asal adaji data amanmi, membukanya tanpa harus menunggu komputer server dihidupkan, tanpa harus mengunduh template, guru tidak selalu dikawal oleh proktor, pokoknya bisa dikerjakan suka-suka lah".  Ungkapnya.

Akan tetapi berbeda dengan apa yang dirasakan oleh pihak pengelola Madrasah, Tahmil dalam hal ini sebagai Perintis sekaligus Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-abrar Panggala mengungkapkan memilih versi RDM Hosting di era 4,0 adalah memang tepat, tetapi harus menyiapkan energi lebih, karena harus membeli hosting dan domain, kemudian dalam mengkopigurasikannnya juga dibutuhkan pengalaman serta skill IT yang mumpuni.

Untung saya di bantu oleh Proktor MTsN 2 Tanete melalui via akun hostinger emil.help, andai tidak, maka sampai saat ini, tentu masih disibukkan dalam urusan settingan. Melalui https//.www.tahmiltaha.com saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada MTsN 2 Tanete ". Ringkasnya.  




  

2 Responses to "RDM (Rapor Digital Madrasah) Wajib Bagi Semua Madrasah. MTs Al-Abrar Pilih RDM Hosting TP 2021"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel